Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Berapa Bayar Pajak Dan Ganti Plat Nomor Motor Di Madiun ?

Berapa Bayar Pajak Dan Ganti Plat Nomor Motor Di Madiun ? mungkin beberapa teman masih belum tau bayar pajak itu dimana and biayanya brapa, sebenarnya bayar pajak itu bervariasi untuk tarif tergantung motor dan tahun pembelian nya.

Untuk motor baru dan motor lama jelas beda harganya, motor laki and motor bebek juga beda harganya beda-beda tergantung motornya. so sekarang cara tau berapa ya bayar pajak saya untuk tiap tahun.

Bayar pajak ada 2 yaitu
1. 1 tahun sekali = pajak tahunan
2. 5 tahun sekali = pajak tahunan + biaya ganti plat nomor setiap 5 tahun sekali

Bangalvin akan share pertama kali bayar pajak tahunan + ganti plat nomor di motor Jupiter MX milik saya,
Persyaratan untuk membayar pajak tahunan yaitu :
a. STNK Asli
b. KTP Asli
c. BPKB Asli
Mudah saja bukan, yang jadi masalah bagaimana kalau KTP Aslinya hilang atau dibawa orang, kejadian seperti ini yang bangalvin rasakan saat membayar pajak, rencana mau gunakan jasa bayar pajak tapi bayarnya lumayan, jika di hitung-hitung bayar sendiri sekitar 350rban tapi kalau pakek jasa bayar pajak sampai 600rban mahal amet . . .

Solusi, untuk solusi saya gunakan fotocopy KTP dan Surat nikah kakak saya , soalnya motor masih atas nama kakak saya makannya gunakan identitas seadanya soalnya yang lain udah di boyong ke tangerang kakak kerja disana.

Proses bayar pajak motor + biaya ganti plat nomor motor di madiun:

Pertama, silahkan menuju ke samsat madiun tepatnya dijalan serayu samping kampung politeknik madiun dan depan pencucian mobil.
Kedua, silahkan menuju ke resepsionis untuk memastikan syarat-syarat anda sudah terpenuhi, agar di cek petugas disana,
Ketiga, silahkan anda menuju bagian belakang dekat parkir untuk pengecekan mesin motor dan pastinya motor anda harus standart biar gk disuruh bayar biaya tambahan, seperti tetangga saya harus bayar 25ribu agar lolos cek soalnya ban motornya kecil enggak standart gt.
Keempat, setelah pengecekan dengan biaya 5 ribu rupiah lumayan murah untuk memberi minum petugas cek nomer mesin motor,


Kelima, silahkan menuju bagian formulir didepan untuk kalian isi dan silahkan bayar pajak tahunan, untuk formulir sendiri dikenakan biaya 80 ribu, dan untuk pajak 238ribu karna motor saya jupiter MX tahun 2009 lumayan lama menunggu karena banyak juga yang mau bayar pajak


Keenam, silahkan menunggu untuk giliran mengambil STNK anda, setalah STNK sudah di tangan anda silahkan menuju kebagian pergantian plat nomer lagi untuk mendapat plat nomor yang baru, tetapi kejadian waktu saya bayar pajak plan nomor tidak bisa langsung diambil , harus nunggu sekitar 3 bulan karna keterlambatan bahan kata petugasnya sii, ya gpp lah yang penting STNK kita sudah disertakan surat jalan jadi kalau ketilang politi tinggal tunjukan STNK nya aja sudah aman.

Mudah bukan, kita rinci lagi aja ya Biaya Bayar Pajak Dan Ganti Plat Nomor Motor Di Madiun, dengan contoh motor Jupiter MX tahun 2009 milik saya:
Bayar parkir : Rp 1.000
Biaya cek fisik motor : Rp 5.000
Biaya formulir plat nomor : Rp 80.000
Biaya pajak tahunan motor : Rp 238.000
Biaya fotocopy : Rp 3.000
___________________________________
TOTAL : Rp 327.000

Hemat banget kan, coba di bandingkan dengan jasa jauh lebih hemat, sedikit berusaha dulu untuk menghemat biaya, Akhirnya selesai sudah  Bayar Pajak Dan Ganti Plat Nomor Motor Di Madiun
STNK Baru + Tempelan Surat Jalan
Terima kasih telah membaca artikel tentang Berapa Bayar Pajak Dan Ganti Plat Nomor Motor Di Madiun ? di blog Bang Alvin jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

2 komentar

sekarang pelayannan nya cepat yang bikin lama cm antrinya, akrena sikng banyaknya,,, tapi oke lah samsat madiun

Balas

Iya mas, aku aja sampe sekarang masih belum ambil plat nomer , padahal udah bayar pajek tahun kemaren. katanya si bulan januari kemaren, tp belum sempet ke sana lagi sii :D

Balas