Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

6 Cara Sederhana Merawat Buku Anda

Tanggal 17 Mei, Taukah anda itu tanggal perayaan untuk apa ? Ya, mungkin beberapa dari anda tau itu adalah Hari Buku Nasional, diresmikan pada tanggal 17 Mei 1980 di Perpustakaan Nasional di Jakarta. Bang alvin sendiri juga suka baca buku, beberapa buku kesayangan saya juga kadang lusuh dan gk begitu terawat, tp tetep saya bersihin kok.


Kejadian itu bikin saya dapat ide bagaimana cara merawat buku dengan sederhana tapi punya hasil yang baik untuk buku kesayangan kita, Mari kita simak caranya yuk.

6 Cara Sederhana Merawat Buku Kesayangan

1.  Sampul Buku Anda

Cara yang sudah diajarkan sejak SD(Sekolah Dasar), cara mensampul pun dari kecil kita sudah diajarkan bagaimana cara mensampul buku dengan baik, tapi seiring berjalan nya waktu kita mulai tidak mempedulikan cara ini untuk merawat buku kita, So mulai sekarang rawat buku anda dengan sampul buku dengan rapi ya.

2. Rapikan Buku yang Berceceran
Jangan tinggalkan buku anda setelah anda baca, karena beresiko buku anda akan terlibat atau terijak oleh kaki anda sendiri, simpan buku anda ditempat yang kusus, seperti lemari kaca atau rak kusus buku, saya sendiri menyediakan lemari kaca kusus untuk buku-buku saya.

3. Buku Berdiri
Tempatkan lah buku anda dalam keadaan berdiri tegak, dan saling berjejeran dengan buku yang lain. Susunan buku seperti itu akan membuat sirkulasi udara yang ada di sela-sela buku akan menjadi lebih teratur dan hal tersebut penting untuk buku anda.

4. Hindari Udara Lembab
Buku sangat berpengaruh dengan suhu ruangan dan hindari tempat dimana ada rayap dan serangga pemakan kertas, untuk mencagah hal itu anda dapat gunakan kamper pengusir serangga atau alat penyerap kelembaban ruangan.

5. Hindari Lipatan & Tekukan Buku
Jika anda sekarang sering membaca buku dengan menekuk atau melipat sebagian dari buku, mulai sekarang jangan lakukan itu lagi, soalnya buku sekali ditekuk sulit atau bahkan tidak bisa halus kembali seperti semula. sayang sekali kalau buku anda harus tertekuk-tekuk kan.

6. Keluarkan Buku Sesekali
Buku jika dibiarkan didalam lemari atau rak buku terus-menerus akan kotor karna terkena debu, bahkan dapat tumbuh rumah serangga yang paling sering saya lihat ada rumah laba-laba di antara sela-sela buku. Nah, jangan sampe hal tersebut terjadi ya.
Keluarkan buku sesekali dan bersihkan dengan tisu atau kain biar debu dan kotor-kotor yang lain bisa hilang, anda dapat mengeluarkan buku 2 minggu sekali untuk melihat keadaan buku dan membersihkan buku anda. tak terlalu sering juga gak papa yang penting rutin dan tepat waktu.

Sederhana dan mudah untuk di praktekan, sering beli buku tapi jangan sampe setelah baca ditinggalkan begitu saja ya, tetap dirawat kan buku gudang ilmu, oke sekian dulu ya see you :D
Terima kasih telah membaca artikel tentang 6 Cara Sederhana Merawat Buku Anda di blog Bang Alvin jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com