Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Amanakan Smartphone Anda Dari Ancaman Malware

Smartphone sangat rentan terkena malware, mungkin sebagian dari kalian sudah tau tetapi hal ini sudah di minimalisir oleh google sendiri. dengan cara menyeleksi aplikasi-aplikasi yang ingin masuk ke play store.
Android vs Malware
Tetapi hal hal berbeda dilakukan oleh App Store yang melakukan sistem sangat ketat dalam proses masuknya sebuah aplikasi ke App Store sampai aplikasi tersebut terinstall di smartphone konsumen.Tetapi meskipun sudah ada penyelesian dengan begitu ketat smartphone anda belum tentu aman dari ancaman malware oleh karna itu anda mesti tau bagaimana cara mengamankan dari malware.
  1. Pastikan anda mengetahui smartphone yang anda beli, dari fitur sampai perangkat keras yang ada didalamnya. setelah anda hidupkan gunakan default setting agar meminimkan serangan malware.
  2. Fasilitas Encryption. terdapat pada versi OS tertentu tergantung ponsel anda. karena dapat melindungi file-file yang anda punya jika ponsel anda hilang atau ada yang mencuri.
  3. Sebelum anda mengistall aplikasi android sebaiknya anda membaca refrensi atau review dari aplikasi tersebut. pastikan ada testimoni yang konsumen yang telah menggunakan aplikasi tersebut.
  4. Baca dan pelajari aturan atau permissions yang ditampilkan saat aplikasi anda download.
  5. Gunakan fasilitas proteksi dari passcode. ini adalah langkah paling dasar untuk memberikan pengamanan pada smartphone anda. selain passcode, anda juga perlu menggunakan fitur screenlock dari posel anda.
  6. Install aplikasi anti-malware/virus untuk smartphone yang anda gunakan. Carilah aplikasi antivirus yang mempunyai performa kuat agar dapat melindungi Android anda dari aplikasi murahan dan malware.
  7. Hati-hati dengan aplikasi yang mengaktifkan Geo-location. hal yang semacam itu akan melacak lokasi dimana anda berada. aplikasi tersebut bisa menjadi sarana pemasaran/iklan suatu produk/jasa sangat di mungkinkan oleh pihak lain untuk mengetahui keberadaan anda untuk kejahatan.
  8. Gunakan rooting untuk mengontrol semua bagian di Android smartphone anda. tapi perlu diwaspadai bahwa rooting sering kali mengorbankan keamanan dan meningkatkan kemungkinan masuknya malware ke Android. saat sebuah aplikasi di jalankan dalam kondisi “unrestricted” artinya, anda mengijinkan pada aplikasi untuk mengontrol semua bagian Android tersebut.
  9. Jangan semabarangan menggunakan jaringan wifi, jaringan wifi yang tidak anda kenal sebuah cara untuk mengakses perangkan android anda. cara tersebut digunakan untuk mendapatkan informasi yang ada di androind anda.
  10. Jika ponsel anda akan dijual, pastikan reset to factory default. agar data pribadi anda tidak ada yant tertinggal di ponsel.
  11. Gunakan aplikasi yang menggunakan update resmi karena jika anda menggunakan aplikasi yang membutuhkan update tidak resmi akan mejalankan firmware. dan itu beresiko terkena hack semakin tinggi.
  12. Usahakan jangan klik link atau download software dari sumber asing/tidak dikenal. serta atur tindakan pencegahan dalam setting koneksi internet seperti anda lakukan pasa komputer.
Semoga cukup jelas dan anda tidak akan khawatir lagi dengan ancaman malware dan pastinya smartphone anda tetap aman dan terjaga, Thank Irfan
Terima kasih telah membaca artikel tentang Amanakan Smartphone Anda Dari Ancaman Malware di blog Bang Alvin jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

2 komentar

Malware bisa masuk tanpa sepengetahuan kita loh

Balas

tapi untuk pencegahan sendiri bisa kan mas. meski malware agak nakal sii hehe
mas Didi ada info yang lebih jelas kah tetang malware.

Balas