Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Pastikan Hardisk Anda Aman dari Kerusakan

Merawat adalah kunci utama agar harddisk tetap aman dan sehat dan beberapa orang mempunyai harddisk teteapi tidak mengetahui cara merawat dan mengamankan dari kerusakan. harddisk merupakan hardware yang menyimpan data sekunder dan didalam berisi piringan magenetis.
Doctor Harddisk
Harddisk memiliki kemampuan untuk menyimpan file walau komputer kita telah off. dengan kemampuan penyimpanan otomatis. dulu harddisk dengan ukuran 1GB mempunyai ukuran fisik besar. tetapi sekarang dengan ukuran 2GB pun bisa di kantong di saku kita. okhe sekarang kembali ke topic bagaimana merawat harddisk kita agar tidak cepat rusak.
  1. Shutdown(Matikan) komputer anda dengan benar. gunakan tombol shutdown jangan anda matikan secara paksa menggunkan power atau melepas listrik secara paksa. jika anda menggunakan laptop pastikan jangan hanya menutup komputer tanpa mematikan laptop.
  2. Jangan tutup rapat-rapat lubang kasingnya, harddisk perlu udara yang dingin untuk menjaga suhu agar teteap dingin, karna suhu yang panas akan merusak harddisk. berikan celah udara agar angin dapat masuk dan mendinginkan harddisk dengan begitu suhu tetap terjaga.
  3. Install aplikasi defragment hardisk, gunakan cara ini agar harddisk tetap terjaga kekuatannya dalam segi sistem didalam komputer. usahakan lakukan defragment harddisk secara berkala. Seminggu 1 kali atau dua minggu 1 kali.
    Aplikasi defragment hardisk :
    Auslogics | Disk Defrag | DefragglerIObit | Smar Defrag
  4. Tempatkan CPU di tepat yang di aliri oleh udara, CPU juga membutuhkan suhu yang dingin atau stabil, apabila suhu panas akan menggangu jalannya performa harddisk dan komputer anda.
  5. Kipas tetap berputar dengan baik. jika di harddisk anda tidak ada kipas anda bisa menggunakan sendiri agar harddisk tetap dingin. gunakan kipas kecil milik anda.
Cara-cara diatas efisien untuk dipraktekan karena sudah terbukti baik untuk perawatan harddisk kita. Sekian dari bangalvin semoga bermanfaat dan jangan sampai harddisk anda rusak.
Thanks: Lapkom
Terima kasih telah membaca artikel tentang Pastikan Hardisk Anda Aman dari Kerusakan di blog Bang Alvin jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

2 komentar

Terima kasih infonya mas..
gimana kalau kita melaukan defragment dengan fasilitas defaulth dari windows ? apa itu juga efektiv ?

Balas

Gak masalah fin, yang penting terjadwal aja defragnya, kalau gk jika komputer kita udah terlalu banyak transfer file, langsung aj di defrag. juga jangan terlalu sering gt.

Balas