Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Sekilas Open Source OS Gratis

OS Gratis

OS Gratis alias Open Source adalah istilah dari software yang di sediakan oleh develop atau pengembang untuk umum agar dapat di pelajari bagaimana cara kerja dari software tersebut. di ubah dan dikembangkan lebih lanjut, dan di share kebanyak orang.

Open Source juga merupakan salah satu free software. namun tidak semua open source free software. contoh free software seperti Linux. contoh Open Source software adalah FreeBSD. Linux yang berlisensi free software tidak dapat diubah menjadi berlisensi tidak free software, sedangkan FreeBSD yang berlisensi open source software dapat diubah menjadi tidak open source. FreeBSD (open source) merupakan salah satu dasar untuk membuat Mac OSX (tidak open source). Lisensi memuat jenis-jenis lisensi open source.

Pada tahun 1994-1995, Server-server di ITB mulai menggunakan FreeBSD sebagai sistem operasinya FreeBSD merupakan sistem operasi open Source sangan dijamin dari keamanan jaringan maupun server. kemuadian para administrator jaringan di Computer Network Research Group (CNRG) ITB lebih memilih lamptop Mac dengan Mac OS X yang berisi BSD daripada OS yang lain.

Istilah Open Source sendiri baru populer pada tahun 1998. Namun Sejarah Software dari open source sendiri, semenjak kultur hacker berkembang di lab komputer di universitas di amerika seperti Stanford, berkeley marnegie Mellon, and MIT pada tahun 1960 dan 1970-an.

Awal berkembang dari suatu Komunitas programmer yang berjumlah kecil namin sangan erat dimana mereka biasa bertukar kode progra, dan tiap orang yang bisa memodifikasi program dibuat orang lain sesuai dengan kepentingan. Hasil modifikasinya juga mereka sebarkan dari komunitas ke komunitas lainnya.

Terbentuknya Linux Oleh Mahasiswa

Pada tahun 1991, MAhasiswa S2 di Finland mulai mengembangkan suatu sistem operasi yang di sebut Linux, Pemembangan Linus Torvalds melempar kode program dari Linux ke komunitas terbuka untuk di kembangkan bersama. komunitas Linux terus berkembang dan akhirnya melehirkan distribusi-distribusi linux yang berbeda tetapu mempunyai dasar yang sama. yaiut kernel Linux dari library GNU glibc seperti RedHat, SuSE, Mandrake, Slackware, dan Debian dan lainnya. Beberapa dari sitribusi diatas ada yang bertahan besar, sampai menghasilkan distro turunan, contohnya adalah Distro Debian GNU/Linux. dan distro ini melahirkan banyak distro lagi seperti Ubuntu, Knoppix, Xandros, dan lainnya.

Dengan semakin Stabilnya distribusi Linux, semakin meningkat pula peminat terhadap piranti lunak yang bebas untuk di bagi seperti Linux dan GNU tersebut. dan meningkatkan kebutuhan untuk mendefinikan jenis piranti lunak tersebut.

Akan tetapu Free yang di maksun oleh FSF menimbukan banyak persepsi tiap orang, sebagai kebebasa sebagaimana di maksud dalam GPL, dan sebagian lagi mengartikan untuk arti gratis dalam ekonomi. Para pembisnis dunia juga merasakan khawatir karena keberadaan preangkat lunak gratis dianggap tidak wajar.

Kondisi ini mendorong munculnya terminologi “open source” dalam tahun 1998, yang juga mendorong terbentuknya OSI (Open Source Initiative) suatu organisasi nirlaba yang mendorong pemasyarakatan dan penyatuan “Open Source”, yang diinisiasi oleh Eric Raymond dan timnya. [frankdjeby]

Kondisi ini mendorong munculnya ""Open Source" dalam tahun 1998, yang juga mendorng terbentukanya OSI (Open Source Initiative) salah satu organisasi nirlaba yang mendorong pemasyarakatan dan penyatuan Open Source yang awali oleh Eric Raymond dan timnya. [frankdjeby]

Sekian dari paparan Sekilas Open Source OS Gratis Semoga anda makin cinta lagi dengan open source setelah tau sejarah dan perjuangan dari OS free ini hehe, Selamat Mencintai.
Salam Saya,

Terima kasih telah membaca artikel tentang Sekilas Open Source OS Gratis di blog Bang Alvin jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com