Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Tips Ampuh Meningkatkan Ketrampilan Membaca Anda

Membaca Cepat

          Membaca, sangat menyenangkan jika terbiasa dan untuk memulai hanya membuka buku dan membacanya, mudah kan. Membaca seharusnya menjadi hal yang wajib di lakukan oleh manusia, dan coba anda pikir berapa kali anda membaca dalah sehari?
          Barangkali anda membaca koran atau ingin mengetahui apa yang terjadi di negara ini, mungkin anda mengecheck email dan anda membaca isi dari email tersebut. dan banyak lagi yang anda baca secara tidak sadar, Ketika mengingat hal tersebut, membaca dapat menjadi keterampilan dengan pekerjaan anda. Membaca juga dapat disebut dengan keterampilan seseorang untuk diajak diskusi dengan siapa pun karena mempunyai wawasan yang luas.

Pertanyaan yang muncul sekarang adalah,

Apakah Cara Membaca anda Efektif dan Cepat?

          Jika Hal tersebut tidak diperhatikan akan membuang waktu kita hanya untuk membaca dan memahami beberapa hal yang ada di dalam buku tersebut. kenapa tidak pilih hal yang lebih efektif dan cepat dari pada lambat dan tidak cepat paham.

          Oleh karna itu Keterampilan Membaca harus ditingkatkan dari setiap Manusia, dan Jadilah Pembaha yang lehih baik.

          Dengan menjadi Pembaca yang baik, kita harus semakin cepat dan efektif dalam membaca, Tanpa mengurangi Inti dari bacaan tersebut, dan bagaimana melakukannya, dan Bagaimana kita membacanya?

          Bagaimana pula mata anda memahami bentuk huruf dan menempatkan huruf-huruf tersebut dan terbentuk kalimat yang anda pahami?

          Kebanyakan Ketrampilan orang membaca pada level sekitar 250 kata per menit. Berarti anda menghabiskan waktu sekita 1-2 menin untuk membaca satu halaman dalam sebuah buku dan dokumen.

          Bayangkan, Jika kalian mempunyai kemampuan 2 kali lipat dari biasanya, hitung aja 500 kata per menit. anda dapat membaca sebua kontent tersebut dengan separuh waktu. menghemat waktu dan tugas-tugas lainpun dapat dikerjakan.

          Keuntungan yang paling Besar dari Ketrampilan ini, Mudah nya anda mendapatkan pekerjaan karena wawasan luas anda semakin luas, dan syarat dari pekerjaan anda pasti dapat anda lampaui dengan mudah.

Catatan:
Ketrampilan membaca cepat adalah hal yang akan berguna dan berharga, dan pada zaman sekarang hal tersebut sangat dibutuhkan karena zaman cepat dan serba teknologi.

Mengurangi Kebiasaan Membaca yang Kurang Baik

          Jika anda mempunyai kebiasaan seperti kebanyakan orang, makan anda mungkin memiliki kebiasaan membaca yang  memperlambat anda. Pembaca yang baik berarti bagaimana mengatasi kebiasaan tersebut, sehingga membaca dapat lebih efektif. Berikut ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mengatasinya.

Sub-Vokalisasi

          Sub-vokalisasi adalah kebiasaan mengucapkan setiap kata di kepala anda saat anda membacanya. Kebanyakan orang melakukan hal ini sampai batas-batas tertentu.

          Bila anda melakukan sub-vokalisasi, anda “mendengar” kata yang diucapkan dalam pikiran anda. Ini membutuhkan waktu lebih banyak daripada yang diperlukan, karena anda sebetulnya dapat memahami kata lebih cepat dari yang anda katakan tersebut.

          Untuk mematikan suara di kepala anda, anda harus terlebih dahulu memahami bahwa hal ini terjadi pada anda, kemudian anda harus berlatih “tidak berbicara”. Ketika Anda duduk untuk membaca, katakan kepada diri sendiri bahwa Anda tidak akan melakukan sub-vokalisasi. Anda perlu berlatih ini sampai kebiasaan buruk ini hilang. Membaca sekumpulan kata juga akan membantu, karena sulit untuk menyuarakan sekumpulan kata.

          Dengan menghilangkan sub-vokalisasi saja, anda dapat meningkatkan kecepatan membaca dengan jumlah yang mencengangkan. Jika tidak, anda terbatas pada membaca pada kecepatan yang sama seperti berbicara, yaitu sekitar 250-350 kata per menit. Satu-satunya cara untuk menerobos hambatan ini adalah untuk berhenti mengatakan kata-kata di kepala anda saat anda membaca.

Membaca Kata Demi Kata

          Tidak hanya membaca kata demi kata, namun ketika anda berkonsentrasi pada suatu kata yang terpisah, mungkin anda sering kehilangan konsep keseluruhan dari apa yang dimaksud. orang yang membaca setiap kata akan berbeda akan kurang memahmi dibandikangkan mereka yang membaca lebih cepat dan mengumpulkan beberapa blok kata.

          Stop, Memperluas jumlah kata yang dapat anda baca pada suatu waktu. anda juga dapat meningkatakan jumlah kata yang dapat dibaca dengan memposisikan teks sedikit lebih jauh dengan mata. semakin banyak kata-kata yang dapat anda baca dalam setiap blok, semakin cepat pula membaca kita.

Gerakan Mata yang Tidak Efisien

          Pergerakan yang lambat dan cenderung terfokus dengan setiap kata, dan bekerja mengartikan pada setiap baris. Fakta yang ada Mata dapat menjangkau kira-kira 3 cm pada satu waktu dna rata-rata meliputi empat mata atau lima kata. maka kenyataan adalah sebagaian besar pembaca tidak menggunakan penglihatan tepi mereka untuk melihata kata setiap ujung kalimat.

          Solusinya untuk masalah ini yaitu, lunakkan pendangan anda harus lebih lembut untuk membaca dengan merelaksasikan wajah dan memperluas pandangan anda, dan anda akan melihat blok kata-kata di setiap unit yang berbeda. ketika anda memulai terbiasa dalam hal ini, mata anda akan memulai halaman per halaman menjadi lebih cepat dan lebih cepat lagi.

Regresi

Adalah membaca kembali materi yang tidak diperlukan.
Terkadang orang terbiasa membaca kembali kata-kata yang baru saja mereka baca, seperti pengalaman saya yang sering melakukannya, ketika membaca novel sementara dilain waktu, mereka mungkin  melewati beberapa kalimat, hanya untuk memastikan bahwa mereka sudah membaca dengan benar, ketika anda mundur seperti ini. anda akan kehilangan aliran dan struktur teks, dan pemahaman anda terhadap materi secara keseluaruhan dapat melambat.

          Solusinya, untuk mengurangi jumlah mata anda melewati kembali. gunakan pointer sepanjang garis yang anda baca. Ini bisa berupa pensil. mata anda akan mengikuri ujung pointer anda dan akan membantu anda menghindar melompat-lompat kembali ke belakang. kecepatan ini tergantung pada bagaimana anda menggerakan pointer anda.

Konsentrasi yang Lemah

          Jika anda membaca sambil nonton tv, anda akan tahu betapa sulitnya untuk berkonsetrasi pada satu kata, apalagi pada rangkaian kalimat. membaca harus dilakukan dalam lingkungan dimana ganguna eksternal dijaga agar tetap kondusif.
 
          Agar Konsentrasi tetap terjaga dengan baik saat anda membaca, berhenti melakukan hal secara berbarengan atau biasa disebut MultiTasking, hal ini sangat penting karena ketika anda menggunakan teknik mengumpulkan blog kata-kata secara bersama-sama dan berhenti mekakukan sub-vokalisasi sambil melakukan aktivitas lain, dan secara tidak sadar anda sudah membaca beberapa halaman dan tidak memahami apa yang anda baca.

          Hal tersebut Sebenarnya membuat otak anda untuk memberi perhatian apa yang anda baca, dan itulah mengapa orang sering mengatakan bahwa mereka dapat membaca dan menonton TV pada waktu yang sama.  Manun tuk menjadi pembaca yang ifisien, anda perlu menghindari hal tersebut.

Membaca linear

          Pada waktu pertama kali belajar membaca kita diajar untuk membaca kesamping dan kebawah, mengamati setiap kata, kalimat, paragraf dan halaman yang berurutan. ketika kita melakukan hal tersebut, anda akan mengeluarkan perhatian yang sama baik untuk materi inti maupun materi tambaha. (Seringkali lebih banyak informasi yang disajikan lebih dari yang benar-benar anda perlu tahu).

          Mengatasi hal ini dengan cara memindai judul pada halaman, serta dengan mecari poin-poin dan kata-kata dapam huruf tebal. tidak ada aturayb yang mengatakan bahwa and aharus membaca sesuai dengan yang diinginkan penulis, dan putuskan apa yang diperlukan dan apa yang tidak. hanya beri perhatian pada materi-materi kunci.


          Ketika anda membaca, cari catatan kecil dari penulis tambahan untuk membuat tulisan mereka menarik. jika and medapat poin ini, makan tidak perlu membaca contohnya. demikian pula tuskan apa yang perlu diulang dan tidak. akan lebih baik agar memmbaca satu paragraf penting dua kali daripada membaca delapan paragraf pada konsep yang sama.

Kunci Meningkatkan Ketrampilan Membaca
          Bagaimana membaca cepat, anda harus berlatih untuk menguasai dengan baik. berikut adalah beberapa tis ampuh yang akan membantu anda menghentikan kebiasaan membaca yang kurang efisien dan mengasain keterampulan membaca seperti yang telah di bahas diatas.
  1. Latihan! Anda harus lebih Latihan secara teratur. anda sudah beberapa tahun belajar membaca, tentu anda akan membutuhkan waktu untuk meningkatkan kemampuan membaca anda, dan jangan sampe nyerah ditengah jalan. Latihan!
  2. Pilih Buku atau Bacaan yang membuat anda enjoy untuk dibaca, ketika anda memulai belajar membaca cepat, jangan menggunakan textbook yang menantang. baca seperti novel percintaan dan memberi cerita yang enak. nikmati dan rasakan Latihan anda akan terasa lebih mudah.
  3. Jika anda perlu mengerti sepenuhnya dari bacaan, atau membaca secara rinci dan detail maka membaca cepat adalah metode yang kurang tepat, tetapi jika anda sudah mengetahui caranya dengan menggunakan metode cepat pun tidak ada masalah.
  4. Gunakan petunjuk (Pointer) sebagai alat anda untuk membantu mendorong kecepatan membaca anda, ketika anda menggunakan petunjuk contoh, pencil untuk menuntun anda membaca konsentrasi anda akan lebih tajam lagi, dan hal tersebut akan membantu ketrampilan membaca cepat anda.
  5. Saat anda belajar membaca cepat, anda dapat membandingkan kecepatan anda saat ini dengan saat anda selesai belajar membaca dengan metode diatas, dan menanyakan dengan teman keluarga atau kekasih anda bagaimana pendapat mereka tentang membaca anda. dengan begitu anda mengetahui berhasil atau tidak belajar anda.
NOTE !!!

Ketrampilan membaca adalah hal yang dipelajari dan sebaian besar akan menghilangkan kebiasaan kurang baik yang id pelajari dari kecil. menjadi pembaca yang terampil dan cepat bukanlah inti dari tujuan. tapi anda ingin menjadi pembaca yang tidak membuang waktu alias Efisien.

Membaca adalah hal yang mulia bagi kita untuk menambah ilmu kita, terkadang waktu yang menghalagi kita untuk membaca, oleh karna itu jika kalian dapat praktekan dengan baik dan cermat Insyaallah kita dapat membaca lebih banyak artikel buku cerita dsbg. untuk menambah ilmu kita.

Dengan Menerapkan Tips Ampuh Meningkatkan Ketrampilan Membaca Anda Saya percaya Anda akan membaca lebih cepat dari biasanya dan pastinya akan tetap mengerti akan isi apa yang anda baca, Selamat Mempraktekan.
Salam Saya,   

  

Terima kasih telah membaca artikel tentang Tips Ampuh Meningkatkan Ketrampilan Membaca Anda di blog Bang Alvin jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com