Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Pejelasan Sekilas WIRELESS

Informasi yang sangat menarik sekali untuk anda semua nie ... Penjelasan Sekilas Tentang Wireless Oke Teman Langsung aj Santap ya Infonya -> Cekitdot ->

WIRELESS


Penjelasan & Pengertian :
Wi-Fi merupakan kependekan dari Wireless Fidelity, yang memiliki pengertian yaitu komplotan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks - WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Standar terbaru dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.11 g, saat ini sedang dalam penyusunan, spesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya.



(Wireless Fidelity) adalah koneksi tanpa kabel seperti handphone dengan mempergunakan teknologi radio sehingga pemakainya dapat mentransfer data dengan cepat dan aman. WiFi tidak hanya dapat digunakan untuk mengakses internet, WiFi juga dapat digunakan untuk membuat jaringan tanpa kabel di perusahaan (WAN).


Wireless Technology dan banyak yang menyebut dengan wireless adalah teknologi elektronika yang beroperasi tanpa kabel. Wireless technology dapat dimanfaatkan untuk komunikasi, dan pengontrolan misalnya. Untuk komunikasi, dikenal wireless communication yaitu transfer informasi, berupa apapun, secara jarak jauh tanpa penggunakan kabel misalnya ponsel,
jaringan komputer nirkabel dan satelit. Pengontrolan secara jarak jauh tanpa kabel adalah salah satu contoh teknologi nirkabel. Misalnya penggunaan remote TV, mobil kontrol, dan remote untuk membuka pintu garasi mobil. Masyarakat sudah akrab dengan teknologi nirkabel. Baik karena masyarakat menggunakan ponsel ataupun karena mulai banyak yang mengakses Internet melalui layanan hotspot.




Cara Kerja Wireless :
Jaringan wireless menggunakan gelombang radio atau yang biasa disebut dengan (RF Radio Frequency) atau gelombang mikro untuk melangsukan komunikasi antar perangkat jaringan komputer. jaringan wireless merupakan alternatif yang lebih modern untuk melakukan interaksi dibandingkan dengan jaringan kabel biasa yang menggunakan kabel tembaga maupun serat optic.



Wireless berada pada layer fisik dan yang penting tentang bagaimana cara kerjanya, perbedaan utama dari jaringan wired dan wireless adalah pada peralatan fisik yang saling terkoneksi dan saling berkomunikasi. beberapa laat tersebut beroprasi pada layer fisik OSI, yang dapat memanipulasi aliran listrik,tegangan, arah sinyal dan kekuatan sinyal, peralatan yang umum digunakan pada layer ini adalah :


  • Network Interface Card (NIC)
  • Transciever
  • Repeater
  • Hub


Kegunaan dari wireless adalah :

  1. Mensinkronisasi telepon Anda dengan PC tanpa USB
  2. Mengubah Smartphone menjadi remote control
  3. Mentransfer foto dari kamera digital
  4. Streaming film ke TV
  5. Streaming audio ke speaker
  6. Berguna sebagai router nirkabel
  7. Share file dengan komputer lain
  8. Telepon kita bisa tahu ketika kita ada di rumah
  9. Untuk keamanan



Kelebihan Wireless


  • Wilayah cakupan amat luas, kecuali di daerah tertentu yang tidak dapat dijangkau (amat terhalang bangunan tinggi).
  • Lebih reliable dalam arti lebih sedikit point of failurenya dibandingkan metode akses darat.
  • Membolehkan LANs untuk menyebarkan tanpa kabel, mengurangi kekuatan dariharga jaringan perluasan dan penyebaran. Tempat dimana kabel tidak dapatdijalankan, seperti tempat terbuka dan sejarah gedung, dapat host wireless LANs.
  • Produk Wi-Fi dapat diperluas di pasar. Berbeda jenis dari akses point dan jaringan interface klien interoperable di sebuah level dasar dari layanan.
  • Jaringan Wi-Fi mendukung roaming, dimana sebuah mobile client station seperti sebuah laptop komputer dapat pindah dari satu akses point ke lainnya seperti pengguna pindah disekeliling sebuahgedung atau area.

  • Kecepatan transfer sangat tinggi


Kekurangan Wireless
  • Point-to-pointer wireless LAN harus dalam keadaan tidak terhalang apa pun, baik itu pepohonan maupun gedung agar dapat dipakai.
  • Tingkat sekuritas lemah, mudah di hack (penyadapan, injection, jamming, hijacking, access control,dsb)
  • Bila ada medan elektromagnetik dalam frekuensi yang sama saling berdekatan akan terjadi interferensi.

       Oke Teman Sekian ya sekilas tentang Wireless Artikel diatas saya ambil dari Tugas yang diberikan kepada saya oleh Dosen dan Saya Share kepada Teman-Teman semua ... Ok Salam Damai & Sehat.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Pejelasan Sekilas WIRELESS di blog Bang Alvin jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com